kebijakan

Prinsip Dasar

Dalam upaya memberikan sajian yang sesuai dengan kebutuhan, Harian KOMPAS membutuhkan masukan dari audiens. Salah satu cara mendapatkan masukan tersebut (terkait sajian redaksi, iklan, ataupun layanan) dilakukan melalui survei KOMPAS secara daring (online).

Terbuka kemungkinan untuk tujuan bisnis, Survei KOMPAS dilakukan atas permintaan klien.

Survei KOMPAS menjunjung tinggi kode etik terkait survei. Kode etik tersebut di antaranya mengatur Informasi Pribadi. Informasi Pribadi yang diberikan hanya untuk keperluan penelitian dan tidak akan dipublikasikan.

Pengambilan dan Penggunaan Informasi Pribadi

  1. Departemen Riset – Div. Marketing Harian KOMPAS melakukan kegiatan survei mengenai perilaku konsumen dan informasi lain yang berkaitan produk (jurnalistik & iklan) dan pelayanan. Informasi yang diperoleh akan disusun sebagai laporan kepada manajemen KOMPAS. Informasi Pribadi yang diperoleh dalam survei tidak akan dipergunakan untuk kepentingan di luar penelitian dan tidak akan dipublikasikan.
  2. Dalam upaya memperbanyak respons dan memfokuskan target survei, KOMPAS dapat memakai nama, alamat dan informasi lain milik peserta. Informasi ini akan dipergunakan sesuai dengan kode etik survei.
  3. KOMPAS dapat merekrut peserta untuk berpartisipasi dalam kegiatan survei yang diselenggarakan KOMPAS dan akan mendaftarkan peserta tersebut (selanjutnya disebut “Panel”) sebagai responden. Akan tetapi, sebelum aplikasi kami mulai, kami akan memberitahukan kepada peserta.
  4. KOMPAS dapat melakukan survei tanpa menyebutkan identitas responden yang kami minta kerja samanya dalam kegiatan survei. Kami akan tetap mencatat Informasi Pribadi seperti nama dan alamat pada waktu tersebut. Dalam kasus ini, sebelumnya kami akan memberi tahu responden, baik secara tertulis maupun lisan mengenai penggunaan informasi tersebut.
  5. Terkait kode etik penggunaan Informasi Pribadi responden peserta Survei KOMPAS, laporan survei yang disusun adalah informasi keseluruhan (gabungan) yang diolah dengan kaidah statistik. Informasi Pribadi tidak akan digunakan untuk identifikasi perorangan.

Langkah Pengamanan

Pengelolaan dan pengamanan data informasi pribadi yang diberikan peserta Survei KOMPAS diperlukan untuk mencegah risiko penggunaan data secara ilegal, seperti menghubungi responden di luar tujuan penelitian. Kami berusaha untuk terus meningkatkan dan memperbaiki upaya pengamanan tersebut secara berkala.

Informasi Pribadi

Informasi Pribadi  adalah informasi yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi perorangan, seperti nama, tempat dan tanggal lahir, usia, alamat e-mail, ID pengguna, kata sandi (password) ataupun informasi terkait karakter dan kebiasaan seseorang, seperti hobi, anggota keluarga, dan profesi.

Informasi Pribadi yang kami lindungi adalah:

  1. Informasi Pribadi klien
  2. Informasi Pribadi peserta Survei KOMPAS.

Permintaan Informasi Pribadi oleh Pihak Ketiga

KOMPAS mengelola dengan baik Informasi Pribadi yang terkumpul dan tidak akan memberikan informasi tersebut kepada Pihak Ketiga tanpa mendapatkan izin sebelumnya dari pemilik Informasi Pribadi, kecuali dalam keadaan:

  1. Kepentingan Hukum
  2. Perlu dilakukan untuk mencegah potensi ancaman terhadap keselamatan fisik seseorang atau barang serta apabila dipandang sulit untuk mendapatkan izin dari orang yang berhak memberikan.
  3. Perlu dilakukan untuk memperlancar tindakan hukum yang dilakukan oleh institusi hukum atau pemerintah, pemerintah daerah atau pengawas pemerintah serta pelaksanaan pekerjaan mungkin akan terhambat dengan mendapatkan izin dari orang yang berhak memberikan.

Sistem Pengelolaan dan Perlindungan Informasi Pribadi

Sistem Pengelolaan dan Perlindungan Informasi Pribadi dibuat KOMPAS untuk menerapkan Kebijakan Kerahasiaan secara penuh, antara lain dengan membuat peraturan-peraturan yang ketat terkait penggunaan Informasi Pribadi.  Meski demikian, KOMPAS akan terus meningkatkan sistem pengelolaan melalui monitoring masuk-keluarnya data dan pemeriksaan rutin terhadap status pengoperasian untuk meningkatkan efektivitasnya.

Masukan dan Saran

Untuk permintaan informasi atau memberikan masukan dan saran, Anda dapat menghubungi kontak di bawah ini.

Dept. Riset – Divisi Marketing KOMPAS
Ged. KOMPAS unit 2 Lt. 2 Jl. Palmerah Selatan 26 – 28
TEL : +62 021 5347710/20/30  FAX : +62 021 53661163

Situs web kami melakukan langkah-langkah keamanan dengan:

SSL (Secure Sockets Layer Protocol) adalah sistem yang mengenkrip data untuk memastikan keamanan sistem Informasi Pribadi pada situs web.
Informasi Pribadi akan dienkripsi dan dijaga dengan kunci elektronik dalam pemindahannya.

Situs web kami melakukan langkah-langkah keamanan sebagai berikut.

SSL (Secure Sockets Layer Protocol) adalah sistem yang mengenkrip data untuk memastikan keamanan sistem informasi pribadi pada situs web. Informasi pribadi akan dienkripsi dan dijaga dengan kunci elektronik dalam pemindahannya.